Slider

Gambar tema oleh kelvinjay. Diberdayakan oleh Blogger.

Video

Berita

Nasional

Teknologi

Opini

Agama

» » » Demi Indonesia, Hoaks Harus Dilenyapkan

Bagi masyarakat, ada yang berteori bahwa hoaks muncul karena ada kebuntuan saluran komunikasi politik di pemerintahan. Bisa juga karena adanya ketidaksukaan pada kebijakan-kebijakan yang mereka anggap tidak memihak padanya.

Bisa juga dikatakan hoaks adalah cara masyarakat menyalurkan aspirasi. Hanya saja, aspirasi yang dilakukannya penuh dengan kebencian dan cenderung satu arah saja. Orang yang sudah benci, selamanya akan tak mampu untuk berbuat adil. Tentu ini sudut pandang dari masyarakat yang menyebar hoaks.

Dari perspektif lain,  hoaks adalah juga cermin dari orang-orang penakut dan tidak jantan. Sebenarnya, dalam iklim demokratis saat ini kompetisi politik yang sehat diberikan dalam ruang yang lebih luas. Orang bisa mengemukakan pendapatnya tanpa merasa dihambat. Apalagi saat ini sudah banyak saluran komunikasi yang bisa dijadikan alat penyaluran.

Namun beraspirasi dengan cara menyebar hoaks adalah ketidakjantanan yang akut karena jauh dari rasa tanggungjawab.  Oleh karena itu,  jika informasi yang disebar bisa dipertanggungjawabkan,  maka kebebasan informasi layak untuk didukung. 

Tapi jika informasinya bohong, penuh dengan kebencian,  fitnah,  maka penjara layak sebagai ganjarannya.  Indonesia merupakan bangsa beragam,  fitnah kecil bisa berubah jadi besar dan bisa merusak sendi-sendi persatuan.  Oleh karena itu,  hoaks harus dibasmi,  demi Pancasila, demi UUD 1945, dan demi Indonesia.

«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
This is the last post.

Tidak ada komentar:

Leave a Reply